Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murahini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Sistem kopling (clutch) pada kendaraan merupakan salah satu belahan dari sistem pemindah tenaga (power train).

Sistem pemindah tenaga berfungsi untuk memindahkan tenaga dari mesin ke belahan roda kendaraan. Kopling sendiri pada sistem pemindah tenaga berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan tenaga dari mesin ke transmisi.

Sistem kopling terdiri dari beberapa komponen. Komponen-komponen tersebut tergantung pada jenis prosedur penggagas koplingnya, apakah prosedur penggagas mekanik atau hidrolik. Namun, secara umum komponen-komponen kopling terdiri dari pedal kopling, prosedur penggagas mekanik atau hidrolik, release fork, release bearing, clutch cover, plat penekan, plat kopling.
Untuk lebih jelasnya mengenai komponen-komponen kopling sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :

Pedal kopling
Pedal kopling ini terletak pada belahan pedal yang paling kiri dan berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan tenaga putar dari mesin ke transmisi.

Ketika pedal kopling di tekan oleh pengendara maka kekerabatan antara mesin dan transmisi akan terputus atau dengan kata lain tenaga dari mesin tidak diteruskan ke transmisi. Sedangkan ketika pedal kopling tidak di tekan oleh pengendara maka kopling akan meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi.

Master silinder kopling (pada prosedur penggagas kopling hidrolik)
Master silinder kopling ini berfungsi untuk memperbesar tenaga dari pengemudi ketika menekan pedal kopling. Master silinder ini dihubungkan ke pedal kopling melalui push rod (batang pendorong).

Pada mater silinder kopling dilengkapi dengan reservoir yang berfungsi untuk penampung minyak hidrolis yang dipakai sebagai media penyalur tenaga dari master silinder ke silinder kopling.

Syarat untuk sanggup menyalurkan tenaga pada prosedur penggagas hidrolis ini yakni pada sistem hidrolis harus bebas dari udara (tidak ada udara pada sistem). Bila terdapat udara pada sistem maka akan menciptakan kinerja prosedur penggagas ini menjadi kurang optimal.

Terdapatnya udara pada sistem hidrolis ini sanggup disebabkan lantaran terjadinya kebocoran pada sistem hidrolis atau pada ketika penggantian komponen-komponen prosedur penggagas hidrolis.

Jika terdapat udara pada sistem maka harus dihilangkan dengan cara melaksanakan bleeding pada prosedur hidrolis.

Silinder pembebas (pada prosedur penggagas kopling hidrolik)
Silinder pembebas atau release cylinder ini terletak pada belahan bawah kendaraan dan mempunyai fungsi untuk meneruskan tenaga dari master silinder yang nantinya dipakai untuk mendorong garpu pembebas (release fork).

Tenaga dari master silinder ini diteruskan ke silinder pembebas kopling melalui pipa atau selang penghubung.

Clutch release cable (pada prosedur penggagas kopling mekanik)
Clutch release cable atau kabel penghubung merupakan komponen pada sistem kopling yang berfungsi untuk menghubungkan tenaga dari pengemudi (injakkan di pedal kopling) yang menuju ke garpu pembebas (release fork). Ketika pedal diinjak maka kabel ini akan menarik garpu pembebas sehingga akan memutuskan kekerabatan antara mesin dengan transmisi.

Garpu pembebas (release fork)
Garpu pembebas atau release fork berfungsi untuk menekan release bearing untuk membebaskan kekerabatan antara mesin dan transmisi.

Bantalan pembebas (release bearing)
Bantalan pembebas atau release bearing atau juga sering disebut dengan drag laker merupakan komponen pada sistem kopling yang berfungsi untuk menekan pegas penekan pada clutch cover ketika pedal ditekan. Bagian release bearing yang berafiliasi dengan pegas penekan sanggup berputar bebas, sedangkan belahan release bearing yang berafiliasi dengan release fork tidak sanggup berputar.

Release bearing harus diperiksa secara berkala, investigasi yang dilakukan pada release bearing mencakup keausan release bearing dan kekocakkan atau putaran dari release bearing apakah lancar atau tidak.

Cover clutch
Cover clutch atau tutup kopling ini pada umumnya terdapat dua tipe menurut pegas penekan yang digunakan, yaitu tipe pegas diafragma dan tipe pegas coil. Cover clutch ini dipakai sebagai tutup kopling yang dipasangkan pada fly wheel (roda gila) dengan sambungan baut.

Clutch cover ini sebagai dudukan dari pegas penekan, yang nantinya ketika pegas penekan ini ditekan oleh release bearing maka pegas penekan akan mengungkit plat penekan sehingga plat penekan tidak akan menekan plat kopling atau dengan kata lain plat kopling menjadi bebas dan putaran dari mesin tidak diteruskan ke transmisi.

Selain itu pada cover clutch juga terdapat plat penekan yang berfungsi untuk menekan plat kopling untuk menghubungkan tenaga dari mesin ke transmisi.

Tipe pegas penekan pada clutch cover sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :

Pegas tipe koil mempunyai laba yaitu tenaga pemfokusan terhadap plat kopling besar, namun kerugian dari pegas penekan tipe koil ini yaitu tenaga yang diharapkan untuk menekan plat kopling ini lebih berat dan kontruksi tipe ini lebih rumit dibandingkan dengan tipe pegas diafragma.

Pegas tipe diafragma mempunyai laba yaitu tenaga yang diharapkan untuk menekan pedal kopling ringan, tenaga pemfokusan pada plat kopling sanggup merata dan tenaga pegas penekan ini tidak akan berkurang lantaran gaya sentrifugal. Namun kerugian dari pegas penekan tipe diafragma ini yakni tenaga pemfokusan pada plat kopling lebih kecil dibandingkan dengan tipe koil.

Plat kopling
Plat kopling atau disc clutch mempunyai bentuk piringan dan berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi tanpa tejadinya slip.

Pada plat kopling ini terdiri dari beberapa belahan yaitu clutch hub,  facing, cushion plate dan torsion damper, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

Clutch hub pada plat kopling merupakan belahan yang berafiliasi dengan input poros transmisi. Pada clutch hub ini terdapat alur yang berfungsi untuk menghubungkan plat kopling dengan poros input transmisi sehingga ketika plat kopling berputar maka poros input transmisi juga ikut berputar.

Facing pada plat kopling merupakan belahan yang bergesekkan dengan fly wheel dan plat penekan yang berfungsi untuk meneruskan putara dari mesin ke transmisi.

Cushion plate pada plat kopling berfungsi untuk memperlembut kekerabatan ketika kopling mulai menekan fly wheel.

Torsion damper berfungsi untuk meredam terjadinya kejutan ketika kopling mulai terhubung.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top