Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murahini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Pada motor 4 tak terdapat prosedur katup (valve mechanisme) sebagai kawasan masuknya adonan materi bakar dan udara ke dalam silinder dan sebagai kawasan keluarnya gas buang hasil pembakaran. Katup yang berfungsi untuk membuka kanal hisap atau masuk disebut katup hisap atau katup in sedangkan katup yang berfungsi untuk membuka kanal buang disebut dengan katup buang atau katup ex.

Waktu pembukaan katup-katup ini diatur sesuai dengan timing dan langkah kerja motornya. Pada dikala langkah hisap maka katup hisap akan membuka dan katup buang akan menutup. Pada dikala langkah kompresi maka katup hisap akan menutup dan katup buang juga menutup. Pada langkah perjuangan maka kedua katup masih dalam keadaan menutup. Pada dikala langkah buang maka katup hisap masih dalam keadaan menutup dan katup buang membuka.

Terdapat beberapa prosedur katup yang ada pada kendaraan, yaitu prosedur katup tipe OHV (Over Head Valve), SOHC (Single Over Head Camshaft) dan DOHC (Double Over Head Camshaft).

OHV (Over Head Valve)

Mekanisme katup tipe OHV ini penempatan katup-katupnya berada di kepala silinder dan posisi cam shaft (poros nok) nya berada di bawah yaitu di blok silinder. Untuk menggerakkan katup-katup ini yang berada di atas maka cam shaft dibantu oleh pengangkat katup (valve lifter) dan batang penekan (push rod) yang letaknya diantara cam shaft dengan rocker arm (pelatuk).

Pada tipe OHV ini terdapat banyak komponen penghubung yang dipakai sehingga pada putaran tinggi, pembukaan katup akan kurang maksimal.

SOHC (Single Over Head Camshaft)

Mekanisme katup tipe SOHC ini penempatan katup-katupnya berada di kepala silinder dan posisi cam shaftnya juga berada di kepala silinder sehingga tidak memerlukan komponen komplemen menyerupai valve lifter dan push rod alasannya yakni cam shaft akan pribadi menggerakkan rocker arm.

Untuk prosedur katup tipe ini mempunyai kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan prosedur katup tipe OHV alasannya yakni tidak memakai komponen penghubung komplemen maka tipe ini pada dikala putaran tinggi pembukaan katup-katupnya akan lebih baik.

Pada sipe SOHC ini hanya terdapat satu buah cam shaft. Satu buah cam shaft ini dipakai untuk membuka kedua macam katup yang ada pada masing-masing silinder yaitu untuk membuka katup hisap dan katup buang sesuai dengan timing bukaan katupnya.

DOHC (Double Over Head Camshaft)

Mekanisme katup tipe DOHC ini penempatan katup-katupnya dan cam shaftnya sama dengan tipe SOHC yaitu berada di kepala silinder. Namun perbedaan antara tipe DOHC dengan SOHC yakni jumlah dari cam shaftnya, pada DOHC mempunyai dua buah cam shaft. Satu cam shaft dipakai untuk menggerakkan katup hisap dan satu cam shaft lainnya dipakai untuk menggerakkan katup buang. 

Mekanisme katup tipe DOHC ini lebih baik dibandingkan dengan prosedur katup lainnya alasannya yakni terdapat dua buah cam shaft yang masing-masing menggerakkan katup hisap dan katup buang sehingga bukaan katup akan lebih presisi pada dikala putaran tinggi.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top