Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murahini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Rem parkir atau parking brake berfungsi untuk melaksanakan pengereman pada kendaraan ketika kendaraan tersebut berhenti atau parkir. Rem parkir sangat penting bagi kendaraan. Jika rem parkir tidak ada atau tidak berfungsi maka ketika kendaraan parkir pada kawasan yang tidak rata, contohnya jalanan naik atau turun maka kendaraan sanggup berkemungkinan sanggup jalan turun sendiri ketika parkir.

Rem parkir pada kendaraan mobil, terdiri dari beberapa tipe yaitu tipe rem parkir tipe roda belakang dan rem parkir tipe center brake.

Pada rem parkir tipe rem parkir roda belakang ini rem parkir terhubung dengan roda belakang, ketika rem parkir diaktifkan maka roda belakang akan mengerem. Tipe rem parkir dengan roda belakang ini banyak digunakan pada kendaraan kecil dan penumpang.
Pada rem parkir tipe center brake, rem terpasang diantara poros propeller dan transmisi. Saat rem parkir tipe ini diaktifkan maka gaya pengereman akan terjadi di poros propeller dan transmisi. Tipe rem parkir center brake ini banyak digunakan pada kendaraan niaga.
Cara Kerja :
Mekanisme dari rem parkir pada tipe pengereman roda belakang dan tipe center brake ini intinya hampir sama. Tuas rem parkir diletakkan bersahabat dengan kawasan duduk pengemudi sehingga pengemudi akan gampang menekan tuas rem parkir ketika ingin mengaktifkan rem parkir.

Ada beberapa tipe tuas rem parkir yang digunakan yaitu tipe tuas, tipe stick dan tipe pedal. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

Ketika pengemudi menarik tuas parkir maka kabel rem parkir akan memindahkan gaya tarik dari tuas ke rem. Pada tipe rem parkir roda belakang, pada bab tengah kabel dilengkapi dengan equalizer yang berfungsi untuk menyamakan gaya pengereman pada kedua roda belakang. Pada prosedur sambungan rem parkir juga dilengkapi dengan tuas intermediate atau intermediate lever yang mempunyai kegunaan untuk menambah daya pengoperasian remnya.

Body rem parkir
1. Rem parkir tipe roda belakang
Pada bodi rem parkir dibagi menjadi 2 tipe yaitu pada rem tromol (drum brake) dan rem piringan (disc brake).

Rem tromol
Pada kendaraan yang roda belakangnya memakai rem tromol, ketika rem parkir diaktifkan maka sepatu rem akan mengembang alasannya yaitu tarikan dari tuas di sepatu rem. Tuas sepatu rem digerakkan oleh pengemudi ketika pengemudi menarik tuas rem. Tenaga tarik pada tuas rem akan disalurkan ke tuas sepatu rem melalui kabel (sulur).

Rem piringan
Pada rem piringan ini, prosedur rem parkir disatukan di dalam kaliper rem. Perhatikan gambar di bawah ini :
Ketika tuas rem ditarik maka akan menciptakan poros tuas atau lever shaft berputar sehingga spindle akan menggerakkan piston. Ketika piston terdorong maka pad juga akan terdorong dan menekan piringan.

Pad rem yang digunakan lama-kelamaan akan mengalami keausan. Jika keausan ini terjadi maka akan menambah jarak atau langkah untuk melaksanakan pengereman. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut, pada rem piringan atau cakram ini dilengkapi dengan prosedur penyetel otomatis untuk menjaga biar langkah spindle tetap kontan setiap waktu.

2. Rem parkir tipe center brake
Rem parkir tipe center brake ini aneka macam digunakan pada kendaraan niaga atau komersil. Pada tipe ini, model remnya sama dengan model rem tromol tapi hanya terletak diantara poros propeller dan transmisi.

Proses pengereman pada tipe center brake ini terjadi pada ketika sepatu rem yang membisu ditekan menekan tromol rem yang berputar bersamaan dengan poros output transmisi dan poros propeller.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top