Transmisi merupakan salah satu bab dari sistem pemindah tenaga pada kendaraan. Transmisi pada kendaraan mempunyai fungsi untuk mengatur kecepatan, mengatur momen memungkinkan kendaraan untuk mundur dan memungkinkan kendaraan pada posisi netral.
Transmisi terdapat beberapa macam dan macam transmisi menurut selective gear (perpindahan gigi) nya dibedakan menjadi tiga tipe transmisi yakni transmisi tipe sliding mesh, transmisi tipe constant mesh dan transmisi tipe synchronmesh.
Synchronmesh pada tipe transmisi synchronmesh ini mempunyai fungsi untuk meyamakan putaran roda gigi yang akan saling bekerjasama dengan cara pengereman.
Sehingga pada transmisi yang memakai synchronmesh ketika melaksanakan perpindahan gigi sanggup berjalan dengan lebih halus tanpa terjadi hentakan.
Bagian-bagian dari synchronmesh dan fungsinya antara lain :
Clutch Hub
Clutch hub atau kopling penghubung berfungsi untuk meneruskan tenaga atau putaran dari clutch hub sleeve (kopling geser) ke poros output transmisi. Clutch hub terletetak pada spline (alur gigi) poros output transmisi atau poros utama dan terhubung pribadi dengan poros output atau poros utama sehingga jikalau clutch hub berputar maka poros output juga berputar. Pada clutch hub ini juga terdapat 3 alur untuk pemasangan shifting key.
Clutch hub sleeve
Clutch hub sleeve atau kopling geser berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan tenaga atau putaran dari roda gigi kecepatan ke clutch hub. Clutch hub sleeve ini terletak pada spline (alur gigi) clutch hub dan juga terhubung dengan shift fork (garpu pemindah).
Shifting key
Shifting key atau batang pengunci synchronmesh berfungsi untuk mencegah terjadinya perpindahan gigi sebelum putaran antara gigi kecepatan dan clutch hub sama. Shifting key terletak pada alur clutch hub dan pada kedua ujung shifting key ini masuk ke dalam celah synchronizer ring.
Spring key
Spring key atau pegas pengunci berfungsi untuk memegang shifting key.
Synchronizer ring
Synchronizer ring atau cincin synchronmesh berfungsi untuk menyamakan putaran antara unit synchronmesh dengan roda gigi kecepatan dengan cara melaksanakan pengereman. Synchronizer ring terletak pada clutch hub dan konis (bagian yang berbentuk kerucut) roda gigi kecepatan.
0 komentar:
Post a Comment