Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murahini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya


Rantai roda merupakan potongan dari komponen utama sistem pemindah tenaga dikendaraan sepeda motor yang berfungsi untuk meneruskan putaran dari mesin (engine) ke roda belakang sepeda motor, sehingga sepeda motor sanggup berjalan.

Rantai roda yang digunakan, lama-kelamaan akan mengalami keausan sehingga perlu dilakukan perawatan khusus supaya kondisi rantai selalu dalam keadaan baik.

Kondisi rantai yang kurang baik sanggup mengakibatkan beberapa resiko, salah satunya yaitu sanggup mengakibatkan kecelakaan lantaran rantai yang putus atau rantai yang terlepas.

Perawatan rantai roda sepeda motor

1. Memberikan pelumasan secara rutin
Setiap potongan yang saling bergesekkan satu dengan lainnya akan mengalami keausan. Untuk memperkecil keausan yang terjadi tersebut maka pada rantai roda harus ada pelumasan.

Pelumasan disamping mengurangi resiko terjadinya keausan yang besar, juga berfungsi untuk melindungi rantai dan sprocket dari kemungkinan terjadi korosi.

Apabila terjadi korosi pada rantai maka sanggup menciptakan pergerakkan antara pivot dan pin pada rantai menjadi macet atau tidak sanggup bergerak lancar.

2. Pemeriksaan dan penyetelan jarak main bebas (free play)
Jarak main bebas rantai roda sangat perlu diperhatikan dan diperiksa lantaran jarak main bebas yang tidak sesuai, baik terlalu besar atau terlalu kecil akan berdampak pada kenyamanan dan keamanan dikala berkendara.


Jarak main bebas rantai roda terlalu kecil
Apabila ditemui jarak main bebas rantai roda terlalu kecil maka akan berdampak pada ketegangan rantai roda.

Semakin kecil jarak main bebas rantai roda maka tegangan rantai roda akan semakin tegang.

Rantai roda yang tegang akan beresiko besar rantai tersebut akan gampang putus.

Jarak main bebas rantai roda terlalu besar
Apabila jarak main bebas rantai roda terlalu besar maka akan berakibat rantai menjadi tidak tegang atau dengan kata lain rantai kendor.

Rantai yang kendor akan beresiko besar rantai sanggup terlepas dari sprocketnya. Rantai yang lepas tersebut sanggup merusak bagian-bagian suku cadang yang lainnya.

Oleh alasannya yaitu itu, periksalah selalu jarak main bebas rantai roda, apabila jarak main bebas rantai roda tidak sesuai spesifikasi baik terlalu besar atau terlalu kecil maka lakukan penyetelan jarak main bebas rantai tersebut.

Cara investigasi jarak main bebas rantai roda
Lakukan investigasi jarak main bebas rantai roda sepeda motor ibarat pada gambar di bawah ini :

Jarak main bebas rantai roda pada umumnya antara 10 hingga 20 mm, namun untuk lebih tepatnya sanggup dilihat pada buku petunjuk perawatan kendaraan atau manual book kendaraan tersebut.

Cara penyetelan jarak main bebas rantai roda
  1. Parkirkan sepeda motor dengan memakai standar tengah.
  2. Kendorkan Baut dan mur as roda potongan belakang.
  3. Setetelah baut dan mur as roda kendor, maka lakukan penyetelan jarak main bebas dengan mengendorkan adjuster lock nut.
  4. Kemudian putar adjuster lock nut atau adjuster bolt untuk menyetel ketegangan rantai roda.
  5. Setel tegangan rantai atau jarak main bebas rantai sesuai dengan nilai spesifikasinya.
  6. Periksa dan pastikan skala kiri dan kanan berada pada posisi yang sama.
  7. Setelah akhir melaksanakan penyetelan, kencangkan kembali baut dan mur as roda belakang sesuai dengan momen spesifikasinya. Ketika melakuan pengencangan baut dan mur as roda, tarik rantai ke atas supaya tidak merubah posisi kedua penyetel rantai roda.
3. Penggantian rantai roda sepeda motor
Apabila rantai roda sudah tidak sanggup dikencangkan atau rantai sudah mengalami keausan yang telah melebihi batas maka lakukanlah penggantian rantai roda tersebut.

Penggantian rantai roda sebaiknya dilakukan bersama dengan penggantian sprocketnya, lantaran apabila penggantian hanya dilakukan pada salah satu part maka sanggup mengakibatkan kerusakan yang lebih awal dari part yang diganti.

Ketika melaksanakan pemasangan untuk rantai roda yang terdapat sambungan, pemasangan chain clip dihentikan terbalik. Posisi pada potongan ujung terbukanya chain clip harus berlawanan dengan arah putaran rantai untuk menghindari supaya chain clip tidak terlepas.

Apabila chain clip terlepas maka akan berakibat sambungan rantai juga lepas dan akan merusakkan part-part lainnya.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top