Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murahini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Di dalam satu siklus kerja mesin terdapat empat buah proses kerja atau langkah yaitu langkah hisap, langkah kompresi, langkah perjuangan dan langkah buang.

Baik pada kendaraan dengan mesin 2 tak atau 4 tak selalu ada empat langkah ini, namun untuk mesin 2 tak pada umunya terdapat satu langkah lagi yaitu langkah bilas.


Langkah kompresi yaitu proses penitikberatan gabungan udara dan materi bakar (mesin bensin) atau penitikberatan udara saja (mesin diesel) oleh piston dari posisi TMB (Titik Mati Atas) ke posisi TMA (Titik Mati Atas).

Pada mesin bensin, gabungan udara dan materi bakar yang telah dikompresikan maka volumenya akan menurun atau mengecil, namun pada ketika ini terjadi terjadi peningkatan temperatur dan tekanan.

Dengan meningkatnya tekanan dan temperatur maka diperlukan gabungan antara udara dan materi bakar sanggup menjadi partikel-partikel kecil dan homogen sehingga ketika busi memercikkan bunga api maka terjadi pembakaran yang optimal.

Sedangkan pada mesin diesel hanya udara yang dikompresikan sehingga volume udara yang akan mengecil namun tekanan dan temperatur akan meningkat.

Pada ketika materi bakar diinjeksikan (disemprotkan) maka akan terjadi pembakaran yang disebabkan materi bakar akan terbakar dengan sendirinya akhir temperatur udara yang tinggi atau panas hasil kompresi.

Tekanan kompresi
Tekanan kompresi dibedakan menjadi dua macam yaitu tekanan kompresi motorik dan tekanan kompresi pembakaran.

1. Tekanan kompresi motorik
Tekanan kompresi motorik yaitu tekanan kompresi yang diukur dengan memakai alat  ukur compression gauge atau compression tester yang di ujung selang pada alat ini dimasukkan ke dalam lubang busi kemudian katup gas dbuka penuh dan kemudian distarter kira-kira 10 hingga 15 detik hingga mendapat angka penunjukkan tertinggi pada skala pembacaan di compression gauge dengan satuan Psi, kg/cm2, kafetaria atau kPa.

2. Tekanan kompresi pembakaran
Tekanan kompresi pembakaran yaitu tekanan kompresi yang diukur atau dihitung pada ketika proses kerja mesin terjadi atau ketika mesin hidup. Pengukuran tekanan kompresi pembakaran ini tidak sanggup diukur dengan memakai compression gauge manual namun memakai compression gauge yang dipasang atau ditanam di dalam kepala silinder. Tekanan kompresi pembakaran ini akhirnya sanggup mencapai 10 kali dari tekanan kompresi motorik.

Perbandingan kompresi
Perbandingan kompresi yaitu nilai yang ditunjukkan dari perbandingan antara volume kapasitas silinder mesin (volume langkah piston dan volume ruang bakar) dengan volume langkah piston.

Atau sanggup dicari dengan memakai rumus :

PK = (VL + VC) : VC

Keterangan :
PK yaitu Perbandingan Kompresi (Compression Ratio)
VL yaitu Volume Langkah piston
VC yaitu Volume ruang bakar atau volume kompresi


Semakin tinggi perbandingan kompresi pada mesin maka tekanan hasil pembakaran juga akan meningkat, namun harus diimbangi dengan pemakaian materi bakar yang tepat.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top