Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murahini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya


Disetiap daerah kerja atau industri tentunya terdapat suatu standar K3 yang diterapkan untuk melindungi setiap pekerja yang bekerja di daerah kerja tersebut.

K3 atau kependekkan dari kata Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan sebuah prinsip untuk melindungi keselamatan dan kesehatan semua pekerja yang sedang melaksanakan suatu pekerjaan biar terhindar dari kecelakaan dan penyakit kerja, serta biar membuat pekerjaan sanggup berjalan dengan efisien dan aman.

Di dalam K3 terdapat kata keselamatan dan kesehatan kerja yang sanggup diartikan sebagai berikut :
  1. Keselamatan (safety) dalam bekerja sanggup diartikan segala upaya yang dilakukan untuk melindungi pekerja, orang lain, peralatan kerja, materi kerja dan daerah kerja.
  2. Kesehatan (health) dalam bekerja sanggup diartikan sebagai segala upaya yang dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit, mencegah kelelahan kerja dan untuk membuat lingkungan kerja yang sehat.

Di dalam ancaman kerja terdapat beberapa istilah-istilah yang dipakai diantaranya ialah :
  1. Hazard yang artinya suatu keadaan yang memungkinkan terjadinya ancaman dikala bekerja atau potensi yang sanggup menjadikan bahaya.
  2. Danger yang artinya ialah peluang ancaman yang sudah tampak tetapi sanggup dicegah dengan banyak sekali tindakan preventif.
  3. Risk yang artinya ialah resiko yang akan terjadi apabila terjadi ancaman kerja.
  4. Incident yang artinya ialah munculnya insiden yang ancaman yang tidak diinginkan yang sanggup mengakibatkan kecelakaan dalam bekerja.
  5. Accident yang artinya ialah insiden ancaman yang terjadi dan disertai dengan adanya korban atau kerugian baik pada manusianya atau benda kerjanya.

Upaya-upaya yang dilakukan untuk pengendalian ancaman di daerah kerja antara lain dapat dilakukan dengan membuat standar keselamatan kerja yang harus dilakukan atau yang harus ada ketika di daerah kerja diantaranya :
  1. Peralatan kontribusi diri yang harus dikenakan pekerja atau orang lain ketika di dalam daerah kerja. Peralatan kontribusi diri diantaranya ialah safety helmet (helm pengaman), epilog telinga, kacamata pengaman, pakaian kerja, safety shoes (sepatu pengaman), masker dan lain sebagainya.
  2. Perlindungan terhadap mesin-mesin produksi atau peralatan-peralatan produksi.
  3. Mengatur mekanisme kerja yang baik dengan mempertimbangkan faktor kemampuan manusia, peralatan kerja dan materi yang dikerjakan.
  4. Membuat gejala daerah ancaman atau materi yang sanggup membuat bahaya, misan\lnya menawarkan tanda terhadap bahan-bahan yang berbahaya, memasang gejala peringatan atau batas diantara daerah untuk jalan dan daerah untuk produksi (kerja) dan lain sebagainya.
  5. Pengamanan daerah kerja apabila terjadi bahaya, contohnya jalur penyelamatan bahaya, alat pemadam kebakaran (APAR), alarm tanda bahaya, ventilasi ruangan yang cukup dan lain sebagainya.

Tujuan K3
Tujuan utama dari penerapan K3 dilingkungan daerah kerja telah diatur di dalam Undang-Undang, tepatnya pada Undang-Undang no 1 tahun 1970 ihwal kesehatan dan keselamatan kerja, yaitu :
  1. Melindungi dan menjamin keselamatan setiap tenaga kerja dan orang lain yang berada di daerah kerja.
  2. Menjamin setiap sumber produksi (peralatan-peralatan kerja) sanggup dipakai secara kondusif serta efisien.
  3. Meningkatkan kesejahteraan serta produktivitas kerja.

Fungsi K3
Diterapkannya K3 di dalam daerah kerja mempunyai fungsi diantaranya ialah :
  1. Sebagai anutan untuk melaksanakan identifikasi dan peniliakan akan adanya resiko serta ancaman bagi kesehatan dan keselamatan di daerah kerja.
  2. Membantu menawarkan saran dalam perencanaan pekerjaan, proses kerja dan desain daerah kerja.
  3. Sebagai anutan untuk memantau kesehatan dan keselamatan pekerja di daerah kerja.
  4. Memberikan saran mengenai informasi, edukasi dan training mengenai kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan daerah kerja.
  5. Sebagai anutan untuk membuat desain ihwal pengendalian bahaya.
  6. Sebagai contoh dalam melaksanakan pengukuran keefektifan tindakan pengendalian ancaman dan agenda pengendalian bahaya.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top