Pada sebuah motor atau mesin bakar pembakaran dalam, tenaga gerak dari mesin tersebut dihasilkan melalui proses pembakaran di dalam mesin.
Temperatur dari mesin harus dijaga biar tidak terlalu panas (overheat). Apabila mesin terlalu panas maka justru akan mengakibatkan beberapa dampak negatif untuk mesin, menyerupai sanggup merusakkan komponen-komponen di dalam mesin.
Oleh alasannya ialah itu, pada mesin selalu dilengkapi dengan sistem pendinginan untuk menjaga biar temperatur mesin sanggup stabil pada temperatur kerjanya.
Terdapat dua macam sistem pendingin yang umumnya dipakai yaitu sistem pendingin dengan memakai udara dan sistem pendingin yang memakai air.
Water jacket merupakan salah satu bagian dari sistem pendingin yang memakai air. Water jacket atau mantel air terletak di dalam mesin. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :
Fungsi water jacket ialah sebagai jalur air pendingin ketika bersirkulasi di dalam mesin. Air pendingin yang bersirkulasi pada water jacket ini nantinya akan menyerap panas pada mesin secara langsung.
Panas yang dibawa oleh air pendingin ini nantinya akan dibuang keluar ketika air pendingin mengalir ke radiator.
Air pendingin yang sudah didinginkan akan disalurkan kembali ke dalam mesin untuk menyerap panas kembali.
Kerusakan yang sering terjadi pada water jacket
Kerusakan yang sering terjadi pada water jacket di dalam mesin ini ialah jalan masuk water jacket yang mengalami korosi atau berkarat.
Penggunaan air pendingin biasa pada sistem pendinginan ini akan mempengaruhi terjadinya karat pada jalan masuk water jacket. Oleh alasannya ialah itu, dianjurkan memakai coolant untuk air pendingin yang digunakan.
Namun ketika kendarran sudah memakai air biasa bertahun-tahun dan kemudian diganti dengan coolant maka akan timbul beberapa masalah.
Apabila korosi yang terjadi pada jalan masuk water jacket sudah sangat parah, penggantian air pendingin dengan coolant justru akan menciptakan terjadinya kebocoran sistem pendingin.
Kebocoran sistem pendingin terjadi dikarenakan pada coolant terdapat zat additif yang berfungsi untuk menghilangkan dan membersihkan karat.
Bagian jalan masuk water jacket yang berkarat akan terkelupas sehingga apabila karat yang terjadi sudah sangat parah akan mengakibatkan kebocoran.
Maka apabila ingin mengganti air pendingin biasa menjadi coolant, hal yang harus dilakukan pertama ialah periksa terlebih dahulu kondisi dari water jacket yang berada di dalam mesin.
0 komentar:
Post a Comment