Idle Speed Adjusting Screw (sekrup penyetel putaran idle) atau disingkat dengan sebutan ISAS merupakan salah satu komponen pada sistem materi bakar kendaraan yang berfungsi untuk mengatur putaran stasioner atau idle mesin kendaraan.
Pada kendaraan yang masih memakai sistem materi bakar konvensional (karburator), komponen ISAS ini terletak pada karburator dan berfungsi untuk mengatur bukaan atau mengunci katup throttle (katup gas) untuk memilih besarnya putaran (RPM) mesin ketika kondisi idle.
Putaran idle mesin sanggup diatur dengan memutar ISAS ke arah kanan atau kiri. Apabila akan meningkatkan atau memperbesar putaran idle maka ISAS diputar ke arah kanan (dikencangkan) biar bukaan katup throttle semakin besar.
Namun apabila ingin menurunkan kecepatan idle maka ISAS diputar ke arah kiri (dikendorkan) sehingga bukaan katup throttle semakin kecil.
Sedangkan pada kendaraan dengan sistem materi bakar injeksi, untuk mengatur putaran mesin ketika mesin keadaan idle telah diatur memakai ECU (Electronic Control Unit) dengan cara mengontrol bukaan dari katup ISC (Idle Speed Control).
Namun masih ada beberapa kendaraan injeksi yang masih memakai cara manual untuk mengatur putaran ketika idle adalah dengan memakai ISAS sebagai pengontrol putaran mesin ketika keadaan idle dengan cara mengatur banyaknya udara yang sanggup masuk ke dalam intake manifold. ISAS pada kendaraan injeksi ini terletak di susukan by pass pada throttle body.
Apabila ingin meningkatkan putaran idle maka jumlah udara yang masuk ke dalam intake manifold diberbanyak atau diperbesar dengan cara memutar ISAS ke arah kiri (dikendorkan) biar susukan by pass bertambah besar. Sedangkan apabila ingin menurunkan putaran idle maka jumlah udara yang masuk ke intake manifold diturunkan dengan cara memutar ISAS ke arah kanan (dikencangkan) untuk memperkecil atau mempersempit susukan by pass.
0 komentar:
Post a Comment