Mesin merupakan bab dari kendaraan yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga putaran melalui proses pembakaran adonan udara dan materi bakar di dalamnya.
Beberapa bab dari mesin ialah kepala silinder dan blok silinder. Pada bab kepala dan blok silinder terdapat bab yang dipakai sebagai kawasan pembakaran adonan udara dan materi bakar (ruang bakar).
Gasket atau packing kepala silinder terpasang diantara kepala silinder dan blok silinder yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran kompresi, kebocoran gas pembakaran, air pendingin dan oli.
Apabila terjadi kebocoran kompresi dan kebocoran gas pembakaran maka tenaga maksimal pembakaran tidak akan tercapai, sedangkan apabila terjadinya kebocoran oli maka lama-kelamaan oli pelumas akan habis sehingga fungsi dari sistem pelumasan tidak akan tercapai, sedangkan apabila terjadinya kebocoran air pendingin maka air yang bocor ini sanggup berkemungkinan masuk ke dalam mesin dan bercampur dengan oli sehingga bagian-bagian dari mesin sanggup berkarat dan fungsi dari sistem pelumasan dan pendinginan tidak akan tercapai dengan baik.
Gasket ini harus mempunyai ketahanan terhadap panas dan tekanan pada ketika mesin beroperasi.
Pada umumnya gasket terbuat dari materi carbonclad sheet steel (gabungan karbon dengan lempengan logam).
Bagian karbon menempel dengan graphite yang berfungsi untuk mencegah kebocoran gas diantara kepala silinder dengan blok silinder serta untuk menambah kemampuan menempel pada gasket.
Penggantian gasket kepala silinder
Apabila gasket kepala silinder telah rusak maka harus diganti dengan yang baru. Langkah-langkah penggantian gasket kepala silinder yaitu :
- Gunakan gasket kepala silinder gres yang sesuai dengan mesin.
- Sebelum memasang gasket, pastikan permukaan kepala silinder dan blok silinder dalam kondisi higienis dan kering tidak ada air atau oli atau gemuk. Pemberian oli atau gemuk pada gasket sanggup menjadikan terjadinya kebocoran.
- Pasang gasket dengan posisi yang benar (jangan hingga terbalik).
0 komentar:
Post a Comment