Rem parkir (parking brake) atau rem tangan (hand brake) berfungsi untuk memungkinkan kendaraan sanggup parkir pada daerah yang tidak rata adalah pada daerah yang menanjak atau daerah turunan.
Rem parkir pada kendaraan kendaraan beroda empat penumpang atau mobil-mobil kecil pada umumnya memakai rem parkir tipe roda belakang sedangkan para mobil-mobil niaga yang besar pada umumnya rem parkir dipasang diantara transmisi dan poros propeller.
Apabila rem parkir tidak ada atau tidak berfungsi dengan baik maka dikala kendaraan diparkirkan pada daerah yang tidak rata sanggup mengakibatkan kendaraan akan berjalan dengan sendirinya.
Tentu saja bencana tersebut akan mengakibatkan resiko tidak baik contohnya saja sanggup mengakibatkan kecelakaan dan membahayakan orang lain yang ada disekitar.
Oleh alasannya itu, rem parkir harus diperiksa kerjanya dan jika perlu rem parkir harus disetel biar sanggup bekerja dengan optimal.
Sebelum melaksanakan penyetelan rem parkir, peralatan yang diharapkan untuk melaksanakan penyetelan adalah :
- Dongkrak
- Jack stand (alat penyangga)
- Tool box 1 set
- Kunci roda
- Palu baja
- Kunci momen
- Vet (paslin)
- Kain lap
Pemeriksaan awal sebelum melaksanakan penyetelan rem parkir adalah :
- Periksa kanvas rem, kanvas rem harus belum melebihi batas limit penggantian.
- Periksa celah sepatu rem apakah telah sesuai atau tidak, dan apabila belum sempurna maka lakukan langkah penyetelan celah sepatu rem dengan tromol.
Lakukan investigasi fungsi rem parkir, adalah dengan cara :
- Kendorkan mur roda belakang (untuk rem parkir pada roda belakang).
- Dongkrak mobil, kemudian tumpu kendaraan beroda empat dengan memakai jack stand.
- Lepaskan mur roda belakang, dan lepaskan roda belakang.
- Lepas tromol rem.
- Dengan derma orang lain, minta tolonglah untuk menarik rem parkir. Ketika tuas rem parkir ditarik, periksalah kerja sepatu rem.
- Periksa sepatu rem, apakah sanggup ditekan dan kembali lagi ke daerah semula dikala tuas rem parkir dilepas.
- Jika sepatu rem tidak sanggup kembali lagi ke posisi awal dikala tuas rem parkir dilepas maka ada kemungkinan pada sambungan kabel rem parkir macet lantaran karat atau poros lengan rem tangan (pada sepatu rem) yang macet.
- Lakukan langkah perbaikan apabila rem parkir macet dengan menghilangkan karat yang merupakan penyebab macetnya rem parkir kemudian berikan pelumasan.
- Apabila rem parkir tidak macet, atau sehabis rem parkir sudah tidak macet maka pasang kembali tromol dan roda-roda dengan momen yang tepat.
Perhatian :
Pada rem tromol dengan penyetelan celah sepatu rem secara otomatis dikala rem parkir digerakkan maka dikala tuas rem parkir digerakkan akan mengakibatkan sepatu rem sanggup mengembang besar sehingga mengakibatkan tromol tidak sanggup dimasukkan maka untuk mengatasinya dengan cara mengendorkan setelan celah sepatu rem tersebut kemudian setel kembali dikala tromol telah dipasang dengan menarik tuas rem berulang-ulang hingga celah sepatu rem tepat.
Apabila rem parkir tidak berfungsi dengan baik maka rem parkir sanggup disetel pada bagian-bagian penyetel rem parkir. Macam-macam penyetel pada rem parkir antara lain :
Lakukan penyetelan rem parkir hingga di dapatkan keadaan rem parkir sebagai berikut :
- Tarik penuh rem parkir hingga didapatkan jumlah klik 10 hingga 20 klik.
- Lakukan pengontrolan juga dengan menarik rem parkir 3 klik dan pastikan bahwa roda masih sanggup bergerak bebas.
- Tarik penuh rem parkir hingga didapatkan jumlah klik 3 hingga 7 klik
- Lakukan pengontrolan juga dengan menarik rem parkir 1 klik dan pastikan bahwa roda masih sanggup bergerak bebas.
Pengontrolan kerja rem parkir pada kedua roda
Apabila kendala gesek pada kedua roda tidak sama maka faktor yang sanggup menyebabkannya adalah :
- Celah sepatu rem antara roda kanan dan kiri tidak sama atau nilai tabrakan (tromol dan sepatu rem) antara roda kanan dan kiri tidak sama.
- Kelancaran kabel pencetus rem parkir antara kedua roda tidak sama.
0 komentar:
Post a Comment